Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Merawat Rambut saat Musim Hujan

Kategori Dunia: Kecantikan, Kesehatan

Tips Cara Merawat Rambut di Musim Hujan Agar Tetap Sehat. Ahli kecantikan dr Auria Ekanti Pratiwi menjelaskan, cuaca di luar ruang bisa membuat rambut kering, rapuh, dan lemas. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang, terkadang kondisi rambut menjadi berubah. Rambut akan sedikit rapuh, dan kelembapannya menjadi tidak stabil.

Zat-zat polusi yang terkandung dalam tetesan air hujan tak hanya mengganggu kesehatan tetapi juga bisa merusak rambut. Selain menyebabkan rambut tak lagi bersinar, juga terlihat kusam. “Akibat kelebihan zat asam itu, mahkota bagi wanita ini akan terasa kering dan kurang gizi,” katanya.

Belum lagi, tambah alumni kedokteran Universitas Sebelas Maret ini, ada zat-zat polusi yang membuat folikel rambut lebih rapuh. Rambut pun mudah patah, kering dan bercabang.

“Jika sudah begini, segera lakukan perawatan dan perlindungan, agar kerusakan rambut tak semakin parah,” anjurnya.

Menurut dokter yang juga praktik di Auria’s Health and Beauty, Surakarta ini, rambut butuh perawatan khusus pada musim hujan lantaran udara lembap. Apalagi jika Anda sering berpergian, tidak cukup hanya dengan mencuci rambut saja.

Seandainya memang rambut terkena air hujan, lanjutnya, segera cuci secara menyeluruh, tapi lembut. Cuci rambut dengan shampo yang ringan dan terapkan kondisioner dengan kualitas baik di kepala Anda. Tujuannya untuk menghindari infeksi apapun pada kulit kepala, yang menyebabkan rambut rontok.

Masalahnya, air hujan membawa banyak bakteri yang tak terlihat dan polutan lainnya yang dapat merusak rambut jika tidak dibersihkan. Hal ini juga dapat menyebabkan ketombe berlebihan.

Auria juga memberikan tips yang dapat dilakukan selain mencuci rambut, diantaranya :

  1. Seringlah melakukan cream bath.
    Kalau biasanya hanya sekali dalam sebulan, pada musim hujan sebaiknya dilakukan dua sampai tiga kali.
  2. Pijat kepala.
    Beri perawatan ekstra pada rambut. Pijat lembut kulit kepala sebelum tidur dengan ujung-ujung jari, agar peredaran darah lancar dan membuat rambut kita kuat. Ini juga mencegah rambut rontok, lho.
  3. Selanjutnya, kalau bisa bawalah handuk dan hair dryer yang tanpa ion panas untuk mengeringkan rambut saat terkena hujan.
  4. Konsumsi buah dan sayur.
    Untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, faktor makanan juga sangat berpengaruh. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin. Selain rambut jadi sehat dan indah, badan kita pun akan ikut menjadi fit selama musim hujan.
  5. Waspadai produk penata rambut.
    Hindari produk yang berbahan kimia seperti hair spray atau gel. Bahan-bahan di dalam kosmetik rambut ini bisa menyebabkan ketombe, apalagi kalau terkena air hujan.
  6. Perhatikan gaya rambut.
    Saat musim hujan, hindari gaya rambut yang terlalu rumit dan kompleks. Ada baiknya memilih potongan rambut yang tidak terlalu panjang. Hindari juga styling rambut seperti hair rebonding dan curling saat musim tersebut.

Sumber: Yahoo! SHE

loading...

Bacaan Terkait: