Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Perawatan Kaca Cermin Agar Lebih Berkilau

Kategori Dunia: Tips Rumah

Powered by: id.neuvoo.com

Tips Cara Merawat Kaca Cermin Lebih Berkilau. Kaca atau cermin banyak mempunyai manfaat yang sangat beragam, tidak hanya untuk melihat penampilan atau sekedar berhias diri, namun kaca cermin juga dapat digunakan untuk mempercantik ruangan. Oleh karena itu, mengingat cermin memiliki banyak manfaat, maka kita memerlukan sentuhan perawatan khusus. Jangan biarkan cermin kusam atau berjamur.

Selain sebagai aksesoris ruangan, penempatan cermin akan membuat ruangan yang sempit terkesan lapang. Demikian pula kaca jendela, meja atau pintu juga tak boleh diabaikan. Kaca jendela sering sekali terpapar hujan dan panas matahari. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab kaca menjadi buram dan kusam.

Tak bisa dihindari, memang cuaca di Indonesia terdiri dari dua musim tersebut. Untuk menjaga agar cermin dan jendela rumah tetap jernih cemerlang, mari kita pelajari apa saja penyebabnya.

Banyak hal yang menyebabkan kaca cermin dan jendela rumah Anda terlihat buram. Di antaranya disebabkan dari buruknya ventilasi ruangan rumah yang akhirnya menyebabkan penguapan pada cermin maupun jendela.

Biasanya terjadi pada saat musim hujan, kondisi lembab menyebabkan terjadinya semacam uap pada permukaan, sehingga kaca menjadi buram. Permasalahan kaca buram dapat diatasi dengan menggunakan cairan khusus pembersih kaca yang banyak dijual pada supermarket terdekat.

Gunakanlah spons atau alat pembersih kaca dari karet, bersihkan kaca dengan cara menggosoknya dua arah saling tegak lurus untuk mencegah bekas kotoran tersisa pada setiap ujung arah gosokan. Pastikan juga sirkulasi udara di rumah Anda mengalir dengan normal sehinga udara lembab ataupun panas ruangan dapat keluar dengan lancar.

Sementara, goresan pada kaca sendiri disebabkan oleh proses menggosok kaca yang dilakukan pada saat teriknya panas matahari.Ternyata saat membersihkan kaca di terik matahari dapat membuat goresan dari sisa-sisa pembersih kaca yang langsung mengering.

Penyebab lain, goresan pada kaca juga dapat terjadi karena menggosok kaca terlalu keras, dengan arah yang tidak teratur serta menggunakan kain yang mempunyai permukaan kasar. Menggosok kaca sendiri dapat dilakukan dengan menggosok secara dua arah saling tegak lurus dan dilakukan secara perlahan.

Gunakan kain atau spons yang memiliki permukaan lembut sehingga tidak meninggalkan goresan tipis di permukaan kaca. Untuk menghilangkan goresan pada kaca tersebut, gunakankanlah sedikit pasta gigi yang dioleskan pada bagian kaca yang tergores.

Gosok secara perlahan, setelah dirasa cukup segera bersihkan kembali dengan cairan pembersih untuk kaca. Ternyata membersihkan kaca dengan menggunakan koran juga dapat mencegah timbulnya goresan.Kertas koran tidak meninggalkan residu seperti halnya tisu atau kertas lainnya yang menyebabkan timbulnya goresan halus pada kaca.

Hal terakhir adalah selalu gunakan cairan khusus pembersih untuk kaca, karena pada umumnya cairan pembersih tersebut telah memiliki kandungan bahan yang merawat kaca rumah Anda serta menghilangkan goresan-goresan tipis pada kaca.

Anda juga tidak perlu repot dalam menambahkan bahanbahan lainnya,cukup hanya dengan satu macam cairan pembersih kaca. Segala masalah di atas akan teratasi, sehingga kaca cermin dan jendela rumah Anda menjadi kinclong seperti baru lagi.

loading...

Bacaan Terkait: