Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Perawatan Rambut saat Sedang Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan

Powered by: id.neuvoo.com

Tips Perawatan Rambut saat Sedang Hamil. Kadang sering parno dan bertanya-tanya ya, apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat sedang hamil. Ada yang bilang melakukan ini tak boleh ada pula yang boleh-boleh saja. Semua serba membingungkan.

Misalnya dandan, sebagian ibu hamil percaya kalau sedang hamil tak perlu terlalu berdandan, memakai kosmetik atau skincare dan tampil alami saja. dr. Purnomo Limanto Sp.OG mengatakan bahwa dandan itu adalah hal wanita yang tetap boleh dilakukan saat sedang hamil. “Bayangkan saja kalau Anda tidak dandan, wah kasihan dong suami yang melihatnya jadi kurang semangat lagi.”

Tentu saja memang ada beberapa hal yang perlu dicermati oleh bumil saat harus dandan atau memakai produk tertentu.

Pilih shampo
Misalnya saja soal mengurus rambut, disarankan agar bumil memilih shampo yang memang formulanya lebih ringan dan tidak keras. Dikhawatirkan, bahan kimia yang terkandung pada produk perawatan rambut dapat mempengaruhi kehamilan bila terlalu keras.

Shampo untuk rambut berketombe biasanya punya formula yang cukup keras, sehingga lebih baik Anda mengonsultasikannya dengan dokter Anda apakah ia aman dipakai.

Bolehkah mewarnai rambut?
Hampir semua dokter kandungan menyarankan untuk berhenti melakukan pewarnaan rambut, pelurusan rambut atau aplikasi rambut lainnya. Terutama pada usia kandungan trimester pertama, di mana janin masih butuh berkembang dan lebih baik tidak diracuni oleh bahan-bahan kimia yang mungkin saja berbahaya.

Kurangi produk beraroma
Produk perawatan rambut yang aromanya kuat sebenarnya tidak mengganggu kesehatan bumil. Hanya saja, pada trimester pertama biasanya bumil lebih sensitif penciumannya, dan apabila mencium aroma yang terlalu wangi dapat memicu mual yang berlebihan.

Disarankan mencari produk perawatan rambut yang berbahan alami dan tidak terlalu banyak menggunakan pewangi.

Bolehkah creambath?
Boleh-boleh saja kok kalau Anda merasa kelelahan dan ingin menikmati creambath di salon. Untuk meyakinkan diri agar lebih aman, baiknya Anda meminta salon menggunakan bahan-bahan alami saja. Misalnya campuran alpukat yang dihancurkan dengan minyak zaitun untuk merawat kesuburan rambut.

Hamil tidak berarti Anda memang boleh melupakan penampilan dan cuek-cuek saja. Ingat, bahwa Anda masih punya suami yang juga rindu dan selalu ingin dimanjakan penampilan Anda. Jadi tak ada salahnya kalau Anda tetap dandan dan memperhatikan penampilan untuknya.

Apabila toh Anda tak suka ribet, Anda bisa memotong rambut menjadi medium atau pendek agar lebih mudah perawatannya.

loading...

Bacaan Terkait: