Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Sehat Mengatur Porsi Makan Saat Puasa

Kategori Dunia: Gema Ramadhan

Powered by: id.neuvoo.com

Tips Sehat Mengatur Porsi Makan Saat Puasa. Selama berpuasa kita menahan lapar dan haus seharian penuh. Tapi bukan berarti kita harus makan dengan porsi yang banyak ketika waktu buka puasa tiba, karena hal tersebut justru tidak baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, selama berpuasa kita justru harus bisa mengatur porsi makan yang tepat, agar puasa dan ibadah lainnya pun lancar. Jika berbuka puasa kekenyangan, maka dampaknya kita akan malas-malasan untuk melaksanakan shalat tarawih.

Lantas, bagaimana cara mengatur porsi makan yang sehat saat puasa? Silakan perhatikan tips mengatur porsi makan saat puasa dari ahli gizi Rosihan Anwar Sgz berikut ini, sebagaimana Dunia Baca dot Com sadur dari laman Republika

  1. Selama berpuasa, makan pagi ketika tidak puasa bisa disamakan dengan makan saat berbuka puasa. Makan siang disamakan dengan sahur, dan makan malam disamakan dengan makan sesudah shalat tarawih
  2. Saat berbuka, yang dibutuhkan hanyalah 20 hingga 25 persen dari kebutuhan sehari sehingga menunya cukup dengan buah, minuman atau roti.
  3. Untuk makan sahur, yang dibutuhkan adalah 40 persen dari kebutuhan sehari dengan menu lengkap berupa nasi, lauk-pauk, sayur buah dan ditambah susu. Demikian pula disaat sesudah shalat tarawih.

Pembaca, itulah tips yang dapat Anda praktekkan untuk mengatur porsi makan yang sehat saat puasa. Semoga sedikit artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

loading...

Bacaan Terkait: