loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Sukses Mempertahankan Berat Badan

Kategori Dunia: Kesehatan
Loading...

Cara Mempertahankan Berat Badan. Berhasil menurunkan berat badan memang sebuah prestasi, namun mempertahankannya adalah tantangan yang sebenarnya.

Itu sebabnya para pakar mencoba menelusuri rekam jejak 5.000 orang yang berhasil membuang 30 kg berat badannya dan mempertahankannya selama 5 tahun.

Dan inilah 4 rahasia sukses mempertahankan berat badan secara alami sebagaimana Dunia Baca dot Com kutip dari laman Yahoo! She

  1. Selalu sarapan
    Penelitian menunjukkan secara statistik orang yang jarang sarapan bersiko 4,5 kali untuk menjagi kegemukan. Ini karena orang yang sarapan cenderung mengasup kalori lebih sedikit di siang hari.
  2. Menimbang berat badan
    Sebanyak 75 persen orang yang diteliti secara rutin menimbang berat badan minimal sekali seminggu. Penelitian lain menunjukkan rutin menimbang BB bermanfaat untuk kontrol berat badan dalam jangka panjang.
    Namun perlu disadari bahwa berat badan kita berfluktuasi dari hari ke hari, dari jam ke jam. Misalnya, jika Anda banyak mengasup makanan asin maka tubuh akan menarik lebih banyak cairan sehingga berat badan sedikit bertambah.
    Karena itu menimbang berat badan dianjurkan seminggu sekali saja. Bila Anda merasa tertekan dengan angka-angka timbangan, jadikan lingkar celana sebagai indikator.
  3. Matikan televisi
    Sebanyak 62 persen responden menonton televisi kurang dari 10 jam setiap minggu. Kebiasaan kecil ini sebenarnya berdampak besar karena tubuh kita membakar kalori lebih sedikit saat kita menonton TV dibandingkan saat membaca atau bahkan tidur. Salah satu faktor utamanya adalah kebanyakan orang cenderung menonton TV sambil makan atau ngemil.
  4. Rutin olahraga
    Sekitar 90 persen responden berolahraga sekitar sejam setiap hari. Waktu tersebut terkesan sangat lama, namun sebenarnya waktu 60 menit bisa dibagi menjadi beberapa bagian.
    Misalnya 15 menit sebelum berangkat kerja, 15 menit setelah makan siang, dan 30 menit setelah makan malam. Berolahraga juga tidak harus ke pusat kebugaran. Bentuknya bisa sesederhana berdansa, jalan kaki, atau naik sepeda.

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: