Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Terbaik Mencari Pekerjaan di Tahun 2013

Kategori Dunia: Karir Pekerjaan

Powered by: id.neuvoo.com

Tips Terbaik Mencari Pekerjaan di 2013. Mencari pekerjaan memang susah-susah gampang dan gampang-gampang susah. Nah, jika Anda merasa demikian, tidak ada salahnya Anda coba beberapa tips mencari pekerjaan terbaru 2013 berikut ini sebagaimana Dunia Baca dot Com kutip dari laman Yahoo! Indonesia.

1. Menulis email yang memukau
Selain mempunyai resume dan surat pengantar yang sempurna, kita terkadang lupa bahwa email yang kita kirim juga akan meninggalkan sebuah kesan. Beberapa tip? Tulislah hal yang spesifik pada subjek email dan menjaganya agar tetap pendek dan manis.

2. Memaksimalkan LinkedIn
Baru-baru ini LinkedIn berbenah, sehingga jangan ragu lagi untuk memanfaatkan fitur-fitur jaringan ini. Berbagi kabar terbaru dan artikel, mendapatkan informasi lebih mendalam melihat jaringan Anda, melihat bagaimana orang menemukan Anda, dan masih banyak lagi.

3. Hindari dosa berburu pekerjaan
Tentu saja, ada dosa berburu pekerjaan yang harus Anda hindari, misalnya mengirim resume yang berantakan, tetapi ada juga yang dosa yang samar-samar — misalnya ingin mendapatkan posisi tertentu, pencarian yang tidak fokus. Ini penting untuk segera diatasi.

4. Akhir pekan yang produktif
Apakah Anda saat ini bekerja dan mencari pekerjaan baru atau Anda memiliki prioritas lain selama sepekan? Ada strategi tertentu berburu pekerjaan terbaik disimpan untuk akhir pekan. Lain kali jika Sabtu telah tiba, manfaatkan waktu dengan mengatur pertemuan dengan kontak profesional yang tidak punya waktu selama hari kerja. Luangkan waktu untuk belanja setelan jas, atau bikin rencana untuk pekan depan.

5. Gunakan template yang gratis dari internet

Jika ada alat di luar sana untuk membantu membuat lebih mudah mencari pekerjaan, Anda setidaknya harus mencobanya sesekali. Salah satu yang paling efektif dan murah (baca: gratis) untuk mengatur pencarian kerja Anda adalah Google Doc Template. Gunakanlah untuk mengunduh model dokumen yang relevan seperti Network Tracker dan menyesuaikan mereka berdasarkan lamaran Anda.

6. Hindari kesalahan dalam CV
Kesalahan ejaan dan kesalahan ketik lainnya bukan satu-satunya kesalahan yang paling banyak dibuat pencari kerja. Informasi yang tidak relevan, prestasi yang tidak jelas, atau menggunakan email norak adalah beberapa hal yang harus dihindari.

7. Mengambil keuntungan dari jejaring sosial
Kita tidak selalu mempertimbangkan jejaring sosial sebagai alat yang ampuh dalam berburu pekerjaan. Padahal hal itu benar bermanfaat. Para perekrut menggunakannya untuk mencari karyawan potensial dan Anda akan banyak membantu diri sendiri dengan menjadi kreatif dan aktif (tapi tidak berlebihan) dan mengikuti tip penting lainnya.

8. Tetap optimistis
Berburu pekerjaan bisa jadi sangat melelahkan, tetapi tidak peduli apa pun yang terjadi, sangat penting untuk menemukan cara-cara menjaga sikap positif melalui semua itu. Hal itu mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Penelitian telah menunjukkan bahwa tetap bersikap positif menjamin kesempatan yang lebih baik untuk sukses dan orang-orang yang tetap optimistis selama perburuan, mendapat pekerjaan setelah empat bulan.

9. Kuasai pembuatan surat pengantar
Banyak-banyaklah mencari tip dalam menulis surat lamaran. Hal itu bisa menjadi faktor penentu dalam ditolak atau diterimanya lamaran Anda. Beberapa hal yang perlu diingat: fokus pada perusahaan, bukan diri sendiri, buat setiap lamaran mempunyai nada yang berbeda. Dan selagi Anda melakukannya, pahamilah kesalahan dalam surat lamaran lalu hindarilah.

10. Minta referensi dari orang yang Anda kenal
Jika Anda kebetulan mengenal seseorang di sebuah perusahaan dengan posisi ideal – Hebat! Tapi itu tidak berarti Anda hanya perlu memberitahu rekan Anda tentang minat Anda, dan hal ajaib akan langsung terjadi. Masih ada banyak hal untuk dilakukan dan jangan meminta referensi pribadi yang dapat membuat perbedaan besar.

11. Simulasi wawancara kerja
Apakah Anda punya sejumlah janji wawancara atau masih menunggu? Ada banyak manfaat mempersiapkan jawaban Anda untuk pertanyaan wawancara kerja yang paling umum. Mulai dari “Mengapa Anda ingin bekerja untuk kami?” sampai “Apa kelemahan terbesar Anda?”, persiapkanlah dengan baik, dan Anda akan berada 10 langkah di depan orang lain.

loading...

Bacaan Terkait: