Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips untuk Mempermudah Persalinan

Kategori Dunia: Persalinan

Tips Mempermudah Persalinan dengan Pijat Kerampang. aat hamil, akan ada banyak perubahaan yang terjadi pada ibu hamil (bumil), termasuk perubahan fisik. Tak hanya fisik bagian luar saja yang terlihat berubah, tapi struktur dan elastisitas organ dalam juga berubah.

“Karena ada bayi di dalam rahim, maka rahim akan membesar, kemudian menekan semua organ yang ada di perut dan vagina. Proses penekanan ini akan memengaruhi kelancaran proses bersalin.

Untuk memudahkan persalinan, ada beberapa lapisan dalam tubuh yang memang harus elastis,” ungkap dr Ardiansjah Dara, SpOG, saat seminar “Kiat Lancar Bersalin dan Pentingnya Perawatan Pascapersalinan” di MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta, sebagaimana Dunia Baca dot Com sadur dari laman kompas.

Elastisitas rahim, vagina, dan otot perut, bisa dilatih dengan melakukan gerakan senam hamil. Namun, bukan hanya kedua organ ini yang harus dilatih kelenturannya. Dr Dara mengungkapkan bahwa kelenturan lapisan kerampang (perineum, atau lapisan yang terletak di bagian dalam organ yang membatasi lubang anus dengan vagina) juga harus dilatih agar persalinan lebih mudah dan kesehatan pascapersalinan lebih terjamin.

Ketika melahirkan, lapisan kerampang mungkin saja mengalami sobekan memanjang yang membuat lubang anus dan vagina menyatu. “Jika proses penjahitan kerampang ini tidak benar atau sobekannya terlalu parah, bisa mengakibatkan kedua saluran ini menyatu. Ini menyebabkan banyaknya keluhan dari suami yang mencium aroma kurang sedap dari istrinya saat bercinta,” tambahnya.

Agar sobekan kerampang tidak terlalu panjang sampai ke anus dan memudahkan persalinan, Dara menyarankan untuk melakukan pijat kerampang. Pijat ini bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan suami.

  1. Pijat kerampang bisa dilakukan untuk perempuan yang baru menjalani kehamilan pertamanya. Biasanya pijatan ini dilakukan saat masa kehamilan mencapai 34 minggu.
  2. Pijat ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan jeli yang berbahan dasar air. “Jangan menggunakan losion yang berbahan dasar minyak, karena bisa membuat kerampang jadi panas dan iritasi,” katanya.
  3. Pijat dengan bantuan jari telunjuk jika melakukan sendiri, dan gunakan ibu jari jika dibantu suami.
  4. Lakukan gerakan setengah lingkaran dari arah jam tiga ke arah jam enam. Lakukan pijatan selama 3-5 menit setiap pagi.

Pembaca, itulah beberapa tips pijat kerampang untuk mempermudah persalinan. Semoga bermanfaat.

loading...

Bacaan Terkait: