loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tragedi Ahmadiyah Cikeusik – 3 Polisi Jadi Tersangka

Kategori Dunia: Berita Terbaru, Nasional

Lowongan Kerja Terbaru


Powered by: id.neuvoo.com

Tragedi Ahmadiyah – Sebuah tragedy bentrokan antara jamaah Ahmadiyah dan warga di Cikeusik, Pandeglang, Banten, yang terjadi 6 Februari silam. Tragedi Ahmadiyah Cikeusik menurut Komnas HAM adalah tergolong pelanggaran HAM serius. Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim mengatakan penyerangan tersebut mengakibatkan hilangnya sejumlah hak asasi warga Ahmadiyah. Hak asasi yang dilanggar antara lain hak untuk hidup, hak memilih agama dan menjalankan ibadah, hak untuk berkumpul, serta hak atas rasa aman. “Hak-hak tersebut merupakan hak mendasar dan tak dapat dikurangi, apalagi dihilangkan,” kata Ifdhal di kantor Komnas HAM, Jakarta. Dalam tragedi cikeusik, tiga anggota Polri ditetapkan sebagai tersangka bentrokan antara jamaah Ahmadiyah dan warga di Cikeusik, Pandeglang, Banten. “Tiga orang anggota Polri atas nama Briptu Tb A S, Bripda AYN, dan Bripda SBI. Ketiganya anggota Polsek Cikeusik,” tulis Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Anton Bachrul Alam, melalui pesan singkatnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (4/3) siang.

Anton mengatakan, ketiga anggota Polri itu terbukti bersalah. Namun, ia tidak menyebutkan kesalahan apa yang dilakukan ketiganya. Anton hanya menyatakan ketiganya telah menjalani sidang kode disiplin Polri. “Polsek Cikeusik sudah menjalani sidang disiplin, dengan hukuman penempatan dalam tempat khusus selama 21 hari,” ucap Anton.

Untuk pidananya, tambah Anton, saat ini masih dalam proses pemberkasan dan akan disusun menjadi satu berkas perkara. “Pasal yang dikenakan 359 dan atau 531 KUHP, SPDP (surat pemberitahuan dimulainya penyidikan) sudah dikirim ke Jaksa Penuntut Umum,” ujar mantan Kapolda Jawa Timur ini.

Hingga kini, Polri telah menetapkan 13 tersangka yang salah satunya adalah Kepala Keamanan Jamaah Ahmadiyah Indonesia, Deden Sudjana. Selain itu, penyidik Polri juga telah memeriksa 108 saksi terkait bentrokan yang mengakibatkan beberapa orang tewas dan lainnya luka berat. Polri juga memeriksa 12 jamaah Ahmadiyah yang ikut terlibat dalam bentrokan tersebut.

loading...

Bacaan Terkait: