Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Waspada! Hamil saat Remaja, dapat Menyebabkan Obesitas

Kategori Dunia: Kehamilan

Hamil saat Remaja, dapat Menyebabkan Obesitas. Hamil ketika masih remaja bukan saja meningkatkan risiko masalah kesehatan pada organ reproduksi, tetapi juga membuat ibu obesitas beberapa tahun kemudian.

Hal itu disampaikan oleh para peneliti dari University of Michigan. Mereka pun menyatakan bahwa ini adalah penelitian pertama yang mengidentifikasi kehamilan muda sebagai salah satu prediksi obesitas.

“Selama ini kami hanya fokus pada efek jangka pendek ibu remaja tentang kondisi anaknya, misalnya urusan pendidikan dan finansial, sehingga kami sering lalai untuk masalah jangka panjang. Namun penelitian ini membuktikan kalau hamil di usia remaja bisa meningkatkan risiko obesitas pada ibu,” tutur kepala penulis penelitian, Dr Tammy Chang.

--

Sebagaimana dilansir dari Toronto Sun, kesimpulan tersebut didapat peneliti berdasarkan data dari National Health and Nutrition Examination Survey – sebuah survei yang menilai status kesehatan dan pemenuhan nutrisi orang dewasa dan anak-anak di Amerika Serikat.

Dari data tersebut, peneliti menemukan bahwa wanita yang melahirkan di usia 13-19 tahun berisiko 32 persen lebih tinggi mengalami obesitas.

Dengan adanya penelitian ini, para ahli berharap agar ibu muda yang melahirkan ketika remaja benar-benar memerhatikan kesehatannya demi mencegah ancaman obesitas.

loading...

Bacaan Terkait: