Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Waspadalah! Flu Saat Hamil Picu Bayi Kelainan Bipolar

Kategori Dunia: Kehamilan

Flu Saat Hamil Picu Bayi Kelainan Bipolar. Sakit saat hamil tentu bukan hal yang menyenangkan. Namun ternyata efek sakit saat hamil tak hanya berlaku bagi ibu, tetapi juga bagi janin yang ada dalam kandungan.

Penelitian menunjukkan bahwa ibu yang terkena flu saat hamil berisiko memiliki anak dengan kelainan bipolar. kelainan bipolar adalah kelainan jiwa yang membuat seseorang mudah berubah-ubah mood.

Mereka bisa merasa senang kemudian dengan cepat berubah menjadi sedih atau bahkan marah dan menjadi brutal.

Namun, penelitian yang diterbitkan di JAMA ini menemukan bahwa efek yang diberikan masih cukup kecil yaitu sekitar tiga hingga empat persen. Kebanyakan orang yang memiliki kelainan bipolar tidak memiliki ibu yang sakit flu saat hamil.

Meski begitu, penelitian ini memberikan temuan yang menarik karena sebelumnya sebuah penelitian juga menunjukkan adanya kaitan antara influenza yang diderita ibu hamil dengan risiko schizophrenia pada bayi yang mereka kandung, seperti dilansir oleh Newser .

Peneliti menjelaskan bahwa risikonya memang cukup kecil sehingga tak perlu membuat setiap ibu merasa khawatir ketika mereka mengalami flu saat kehamilan. Namun tentunya hal ini bisa membuat ibu lebih berhati-hati untuk meminum obat ketika mereka hamil, atau bahkan lebih baik jika para ibu bisa menjaga kesehatan hingga tak sampai sakit saat hamil.

loading...

Bacaan Terkait: