Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Waspadalah, Karang Gigi ternyata Berbahaya untuk Janin dan Ibu Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan

Powered by: id.neuvoo.com

Bahaya Karang Gigi bagi Ibu Hamil dan Janin. Orang sering menganggap sepele karang gigi, padahal kotoran gigi yang berkarang bisa membahayakan ibu hamil, kata ketua PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Zaura Rini.

“Pada ibu hamil karang gigi bisa sebabkan radang gusi, karena sistem imunitasnya yang menurun. Ini yang memicu bahaya-bahaya lain,” kata Rini pada jumpa pers hari kesehatan gigi sedunia di Jakarta.

Rini mengungkapkan, radang gusi akibat karang gigi bisa menimbulkan pendarahan pada gusi secara terus menerus sehingga ibu hamil berisiko tinggi mengalami anemia.

Selain anemia, kelahiran prematur atau abortus (keguguran) juga bisa terjadi akibat radang gusi yang kemudian menjadi infeksi.

“Sistem kekebalan tubuh akan berfokus di area yang terinfeksi untuk mengembalikan kondisi menjadi normal. Ini yang membuat banyak sel darah putih mengalir ke area terinfeksi,” sambung Tengku Bahdar Johan, dokter spesialis penyakit dalam dari RS Premier Bintaro.

Bahdar mengungkapkan sel darah putih yang bekerja itu akan mengeluarkan zat bernama prostaglandin yang akan membunuh bakteri penyebab infeksi.

“Prostaglandin inilah yang memicu terjadinya kontraksi. Pada ibu hamil di semester pertama, bisa memicu keguguran. Sementara pada ibu dengan usia kehamilan mencapai trisemester pertama, bisa memicu kelahiran prematur,” tukas Bahdar.

loading...

Bacaan Terkait: