Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Waspadalah! Sariawan Pada Organ Intim Wanita

Kategori Dunia: Penyakit, Wanita
[neuvoo_jobroll co=id lo=Jakarta kw=Marketing size=20]

Penyebab Sariawan Pada Vagina atau Miss V. Mungkin Anda sering mengalami gejala tidak nyaman pada daerah Miss.V seperti keluarnya cairan yang mirip seperti keju cottage, atau iritasi pada vulva.

Hati-hati, mungkin Anda terserang sariawan vagina. Ya, sariawan pada umumnya sakit yang terjadi pada rongga mulut dan sekitarnya, tapi jangan salah vagina pun bisa mengalami sariawan lho.

Seperti dilansir dari laman Vemale, sariawan atau stomatitis adalah reaksi radang berupa bercak atau luka terbuka pada lapisan epitel kulit. Selain muncul di rongga mulut, penyakit ini juga bisa hinggap di usus, dan bahkan di organ genital.

[neuvoo_jobroll]

Data di Amerika Serikat menyebutkan sariawan servik atau sariawan saluran rahim mencetus risiko infertilitas pada wanita hingga 17% dan saat ini, 11% perempuan usia 15-45 terjangkit sariawan serviks.

Sariawan di Miss V genital umumnya kelanjutan dari sariawan di paha bagian dalam atau di bibir vagina, yang lalu menjalar ke liang vagina dan ke serviks. Bila dibiarkan berlarut-larut, sariawan bisa terus merayap naik menuju rahim dan panggul, dan menimbulkan reaksi peradangan di daerah-daerah tersebut.

Meski namanya sama, sariawan di mulut berbeda dengan di serviks, baik bentuk maupun penyebabnya. Sariawan di mulut berpermukaan rata, sedangkan di serviks berbentuk benjolan kecil berisi cairan bening, yang akhirnya pecah membentuk bercak putih. Sariawan di serviks bisa muncul satu persatu atau bergerombol. Biasanya di sekitar sariawan ditemukan lasterasi atau bekas luka parut.

Sampai saat ini masih belum ada yang bisa menjelasakan seacara detail cara mengobati sariawan pada Miss V. Penyakit sariawan pada Miss V yang membuat gatal ini tidak hanya dialami oleh ibu-ibu, tapi juga remaja putri yang mengalami keputihan juga merasakan hal yang sama.

loading...

Bacaan Terkait: