Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Wow! Zat Dalam Kentut Ternyata Bisa Mencegah Kanker

Kategori Dunia: Obat-obatan

Zat Dalam Kentut Ternyata Bisa Mencegah Kanker. Bau kentut bisa jadi mengganggu bagi semua orang, terutama jika bau kentut itu tak berasal dari diri sendiri. Namun jangan salah, bau kentut ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa bau kentut bisa membantu mencegah kanker, stroke, serangan jantung, dan bahkan demensia.

Dalam gas kentut, terdapat zat bernama hydrogen sulfide yang diproduksi bakteri ketika mencerna makanan dalam usus.

--

Dalam jumlah yang banyak zat ini bisa berbahaya, namun dalam jumlah sedikit zat ini membantu melindungi sel dan mencegah penyakit, ungkap peneliti di Exeter University.

Kini peneliti telah menemukan zat baru bernama AP39 yang bisa membantu tubuh memproduksi hydrogen sulfida dalam jumlah yang tepat. Mereka percaya bahwa ini akan membantu menjaga kerusakan mitokondria yang merupakan strategi kunci untuk mencegah penyakit serius seperti stroke, gagal jantung, diabetes, dementia, dan arthritis.

“Ketika sel tertekan oleh penyakit, mereka mengambil enzim untuk meregenerasi hydrogen sulfida. Ini akan membuat mitokondria tetap hidup. Jika ini tak terjadi, sel akan mati dan akan terjadi peradangan.

Kami telah menggunakan cara ini untuk membuat AP39 yang membantu mendistribusikan ke mitokondria,” jelas Profesor Matt Whiteman, seperti dilansir oleh Daily Mail (10/07).

Sebelum diujikan pada manusia, peneliti telah melakukan uji coba pada AP39. Hasilnya menunjukkan bahwa sekitar 80 persen mitokondria berhasil hidup pada kondisi yang parah seperti penyakit kardiovaskular.

Peneliti lain Dr Mark Wood menambahkan bahwa meski hydrogen sulfida diketahui berbau tak sedap, namun zat dalam kentut itu bisa menjadi penyelamat manusia dari berbagai penyakit di masa mendatang.

loading...

Bacaan Terkait: