loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Yahoo Koprol, Sosial Network Indonesia Terbaru

Kategori Dunia: Internet & Web

Yahoo! Koprol – Mungkin dari sebagian Anda sudah tidak asing lagi dengan Jejaring Sosial seperti halnya facebook dan twitter yaitu Yahoo! Koprol. Koprol atau dikenal dengan Yahoo! Koprol sepertinya lebih asyik dibandingkan sosial network lainnya khususnya di indonesia, karena jejaring Yahoo Koprol Indonesia merupkan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di indonesia, sehingga memudahkan bagi para penggunanya lebih mudah untuk menemukan teman-teman diseluruh indonesia.

Bagi Anda yang belum mempunyai akun koprol atau belum mengenal koprol, silakan terlebih dahulu mengenal dan mempelajari apa itu Yahoo! Koprol?, siapa pendiri koprol?, apakah kelebihan dan kekurangan yahoo koprol dari jejaring sosial lainnya? Dan bagaimana cara mendaftar yahoo koprol indonesia?


Daftar Isi: Yahoo Koprol Indonesia



Awal Mula Sejarah Berdirinya Yahoo! Koprol [Kembali ke daftar isi]


Pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa, Koprol kemudian dikembangkan oleh tim Koprol menjadi sesuatu yang lain. Ada pun tim Koprol yang dimaksud adalah Satya Witoelar sebagai desain dan komunitas, Fajar Budiprasetyo sebagai Production Director, dan Daniel Armanto sebagai Engineering manager. Awalnya proyek jejaring sosial ini hanyalah proyek iseng yang digarap oleh ketiga orang tersebut. Tanpa disangka, sambutan yang diberikan oleh masyarakat sangat hebat. Ini dapat dilihat dari jumlah pengguna Koprol yang mencapai kurang lebih 80.000 orang setelah satu setengah tahun lahirnya Koprol. Ini juga mengagetkan SkyEight yang merupakan perusahaan pengembang perangkat lunak, di mana Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto turut bergabung. Akhirnya pada Februari 2009 Koprol pun diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia. Ide untuk Koprol ini sendiri merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite. Koprol menggunakan spesifikasi teknologi ubuntu 8.04, apache2, passenger 2.2.1, Ruby Enterprise Edition 20090421, rails 2.3.2, dan MySQL 5 pada server nya. Bentuknya seperti mikroblog yang sedang marak belakangan ini. Mikroblog secara singkat adalah bentuk blog sederhana yang memungkinkan bagi pengguna internet yang sedang bepergian untuk tetap dapat menuliskan teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya.


Arti Nama Koprol [Kembali ke daftar isi]


Kata Koprol yang dipilih sebagai nama jejaring sosial ciptaan Satya Witoelar, Fajar Budiprasetya, dan Daniel Armanto memiliki arti orang gelinding yang kemudian diartikan oleh mereka sebagai perpindahan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Ini dirasa sesuai dengan target pengguna Koprol yang merupakan orang yang mobile.


Pengelola Koprol Indonesia [Kembali ke daftar isi]


Pendiri:

  • Fajar Budiprasetyo (Chief Executive Officer)
  • Satya Witoelar (Chief Executive Officer)
  • Daniel Armanto (Chief Executive Officer)

Tim Pelaksana :

  • Widi Harsodjo sebagai Pemimpin Software Engineer
  • Le Vady Sinarta sebagai Pemimpin Software Engineer
  • Aulia Amalia sebagai Software Engineer
  • Ronald Savianto sebagai Software Engineer
  • Ary Suryawan sebagai Software Engineer
  • Aryo Kresnadi di bagian Pengembangan Bisnis
  • Wieky Azza Mahfresya di bagian Pengembangan Web
  • Gifika Puspasari di bagian Keuangan

Kantor Pusat Koprol
Jl. Radio 1/25, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130, Indonesia.


Misi Koprol [Kembali ke daftar isi]


Koprol ingin membantu penggunanya untuk menemukan orang-orang dan tempat-tempat baru dan menarik di dunia


Kelebihan Yahoo Koprol [Kembali ke daftar isi]


  • Dengan Koprol, pengguna bisa mengulas lokasi-lokasi yang mereka kunjungi. Lokasi yang bisa di-update tidak hanya sebatas restoran, kafe, atau mal, namun juga kota, tempat publik, dan lain sebagainya.
  • Pengguna bisa mengetahui siapa-siapa saja pengguna Koprol lain yang sedang berada di lokasi sekitarnya.
  • Dengan adanya fitur Yahoo! Maps pada jejaring sosial ini, pengguna Koprol dimudahkan untuk mengetahui lokasi tempat dia berada

Kekurangan Yahoo Koprol [Kembali ke daftar isi]


  • Database tempat-tempat yang tersedia masih belum terlalu banyak. Namun demikian, pengguna bisa menambahkan tempat-tempat yang sering dikunjungi dengan melalui form feedback.

Cara Daftar Yahoo Koprol Indonesia [Kembali ke daftar isi]


  • Masuk di Yahoo Koprol, dengan url http://koprol.com/
  • Klik sign up
  • Mengisi username, password, HUT, gender (laki-laki:Male, Perempuan: Female),
  • Mengisi alamat E-mail (usahakan pakai akun Yahoo)
  • Mengisi captcha
  • Klik Create account
  • Klik check in
  • Type Your Current Location (Ketik Lokasi pilihan anda)
  • Klik search akan muncul beberapa pilihan nama kota/tempat
  • Pilih salah satu dengan mengklik select
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul jendela check-in
  • Selesai, dan koprol siap untuk digunakan

Cara Menggunakan Yahoo Koprol [Kembali ke daftar isi]


Setelah memiliki akun di Koprol, pengguna dapat mengoperasikannya tiap berada di suatu lokasi. Saat masuk ke dalam Koprol, pengguna akan memilih lokasi tempat pengguna berada. Kemudian pengguna akan mengisi status yang memungkinkan pengguna untuk saling bertukar informasi dengan pengguna Koprol lainnya. Pengguna dapat mengetahui dimana pengguna lain berada dengan cara bertukar status, foto, dan bahkan video. Tetapi karena versi kali ini masih dalam bentuk beta, keleluasaan pengguna masih terbatas karena harus mendapat undangan dari pengguna lain, baru kemudian dapat membuat akun di Koprol. F.A-2415 Rincian yang terdapat di Koprol adalah sebagai berikut :

Menu
Dalam Koprol terdapat menu yang disediakan untuk memberi kenyamanan bagi pengguna:

Home
Tempat di Koprol yang menampilkan seluruh aktifitas terakhir semua pengguna yang sedang berada di lokasi yang sama dengan pemilik akun yang bersangkutan. Selain itu, home juga menampilkan seluruh aplikasi yang dimiliki Koprol. Home merupakan halaman yang paling sering dikunjungi.

Profile Pengguna
Menampilkan nama pengguna, alamat website , serta foto diri yang berguna untuk pengguna lain mengidentifikasi siapa pemilik akun tersebut.

Friends
Menampilkan profil-profil pengguna Koprol lain yang telah menjadi teman dengan pengguna yang bersangkutan. Menyerupai fitur yang dimiliki oleh Twitter, pada Koprol, menu friends terdapat 4 tab, yaitu : Followers , berisi pengguna lain yang mengikuti perkembangan pengguna yang bersangkutan; Following , berisi pengguna lain yang dipilih oleh pengguna bersangkutan untuk diikuti perkembangannya; serta Entourage yang merupakan pengguna Koprol yang sifatnya sudah akrab dan dekat. Pengguna dapat menentukan sendiri siapa yang akan dimasukkan ke setiap katagori yang tersedia tersebut.

Lokasi
Menampilkan tempat-tempat di mana pengguna sering kunjungi, dan merupakan tujuan favorit pengguna tersebut. Terpilihnya lokasi tertentu menjadi lokasi favorit dapat dilihat dari mana saja biasanya seorang pengguna masuk ke Koprol. Lokasi favorit seorang pengguna dapat dijadikan bahan diskusi dengan pengguna Koprol lain.

Alerts
Fasilitas ini digunakan untuk mengingatkan pengguna untuk memeriksa apakah ada permintaan pengguna Koprol lain untuk menjadi teman baru pengguna. Dengan demikian, proses penambahan teman dapat berlangsung cepat.

People Search
Berfungsi untuk mencari pengguna lain yang pengguna ketahui detail informasinya, seperti nama layar atau nama lengkapnya.

Invite
Digunakan untuk mengundang teman-teman pengguna Koprol yang bersangkutan. Disini selain menggunakan alamat e-mail pengguna, alamat yang dicari dapat bekerjasama dengan Facebook dan Twitter, yaitu dengan menggunakan kontak di akun Facebook atau Twitter kita untuk kemudian dikirimkan undangan lewat surat elektronik agar dapat ikut bergabung di Koprol. Selain dari akun Facebook maupun Twitter, alamat e-mail teman-teman pengguna juga bisa disalin dari daftar kontak akun e-mail yang dimiliki pengguna. Fasilitas ini berlaku untuk Yahoo Mail dan Gmail.

Messages
Mengirim pesan langsung ke pengguna lain dengan memulai post dengan ‘to’ diikuti dengan titik dua dan nama pengguna yang dituju. Sifatnya pesan ini khusus sehingga tidak dapat dibaca oleh publik (pengguna lain yang bukan teman si pengguna).

People You Follow
Terdapat di halaman depan, memperlihatkan teman pengguna serta pengguna Koprol lain yang berada di lokasi yang sama. Sejak diakuisisi oleh Yahoo di tahun 2010, istilah Friends & Nearby berganti menjadi People You Follow.

Me and My Friends
Dalam fitur ini, timeline yang terdapat di Home kita akan terfilter dalam 2 ( dua ) pilihan, yaitu Commented dan Mentioned . Pada pilihan Commented akan muncul tulisan pengguna yang telah diberikan komen oleh pengguna Koprol lain, sedangkan di pilihan Mentioned , akan muncul tulisan-tulisan dari pengguna Koprol lain yang menulis nama pengguna yang bersangkutan. Dan di frame sebelah kanan terdapat list teman, random tip berisi tips yang dimasukan oleh pengguna lain sehubungan dengan kegiatan konsumerisme , dan review from friends berisi ulasan dari berbagai lokasi yang telah dikunjungi teman pengguna.

loading...

Bacaan Terkait: